Pages

Senin, 04 April 2011

Ya Allah, Hamba Ingin Mati Saja Saat Ini!

"kematian, adalah pemutus dari semua nikmat yang Dia berikan kepada kita (hambaNya)"

pernahkah salah satu dari Anda merasa sia-sia dalam melakukan sesuatu dan ingin kembali saja? pernahkah, kita  merasa ingin lari saja dari semua masalah yang menghimpit? apakah pernah kita menimbang solusi "mati" sebagai jawabannya?

kematian adalah hal yang mutlak kita dapatkan suatu saat nanti. suatu saat disini berarti bisa saja detik berikutnya, atau menit berikutnya, dan seterusnya. siapa yang tahu? saya teringat akan sebuah kisah fiktif yang dulu saya peroleh saat masih di Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) di desa saya. kisah ini bermula dari seorang hamba yang tidak tahu cara berterimakasih kepada Rabb yang telah menciptakannya. sampai akhirnya dia menantang Allah. karena saking tidak percayanya dia terhadap yang namanya kematian, dia berkata lantang :" wahai Tuhanku! jikalau memang benar adanya kitab (Lauh Mahfuzh) itu, tunjukkan padaku sekarang juga! agar aku yakin bahwa Engkau telah menuliskan semua jalan hidupku disana!"
dia akhirnya dibawa ke hadapan kitabnya, dibukanya kitab berisi garis hidupnya tersebut. ketika dia sampai pada satu baris tentang waktu persis dia menghadapi kematian, dia kaget bukan main. di baris itu dia jumpai detail kematiannya, detik menit jam hari tanggal bulan tahun tempat penyebab. mulutnya ternganga, tak disangka bahwa kematiannya adalah detik itu juga.
demikianlah saudaraku, janganlah engkau terlena dengan apa yang ada di depanmu saat ini. semua yang engkau agung-agungkan ini, akan binasa cepat atau lambat. jangan terlalu berlebihan, karena sungguh Allah membenci hambaNya yang senang berlebih-lebihan dalam segala urusan. dan jangan pula engkau lupakan Allah tiap waktu, jangan rampas hakNya (tiap engkau bangun dari tidurmu di dini hari, segeralah berwudhu menghadapNya) dan, jangan pula engkau lupa berdzikir padaNya yang senantiasa tidak pernah melupakanmu.. cintaNya padamu, selamanya.. walaupun engkau kerap mengacuhkannya. ingatlah kematian, dengan begitu, engkau akan selalu dekat denganNya.. ^^

~inspired from ceramah @Masjid Jami' Batu-Malang~