Pages

Kamis, 16 Agustus 2012

My Flight Stories

" you as big as you think. so, beware of your own thinking "

setelah menempuh total 5 kali penerbangan, mulai dari daerah asal sampai Denver Colorado, akhirnya kesampaian juga asa menginjakkan kaki di negeri Paman Sam ini. sebelumnya mungkin kalian penasaran dengan jumlah penerbangan yang terbilang banyak itu ya? oke, saya akan menceritakan kronologi nya. penerbangan pertama adalah Bandara Soekarno Hatta-Tangerang, sesampainya disini kami harus menginap selama semalam di hotel terdekat untuk bersiap diri menempuh perjalanan panjang esok harinya. tidak ada aktivitas berarti disini, karena selama hampir 24 jam kami hanya diberikan waktu untuk full istirahat. kemudian esok harinya, tanggal 13 Agustus 2012, pukul 09.00 kami check out dari hotel menuju ke Jakarta Airport Hotel yang terletak di dalam bandara Soekarno Hatta. disana, kami menjalani semacam briefing pre Departure sekaligus mendapatkan uang saku untuk kebutuhan hidup selama 1 minggu disana. untuk minggu-minggu selanjutnya, kami akan dibuatkan account Bank disana dan diberi beberapa cash money.



kemudian saatnya koper kami yang sudah rapi jali di"geledah" oleh pihak penyelenggara beasiswa, IIEF, hal ini bertujuan agar diantara kami tidak ada yang nekat membawa barang-barang terlarang yang sudah dijelaskan sebelumnya. karena jika kami tertangkap membawanya, maka kami lah yang akan repot nantinya apalagi di negara orang. selanjutnya, kami diberikan kesempatan untuk istirahat sebelum penerbangan pertama dengan tujuan Changi Airport Singapore pukul 19.30, maka kami memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk beres-beres di kamar mandi dan prepare untuk sholat. kami pun harus menunggu sangat lama sampai jam penerbangan tersebut, di depan loket pembelian tiket, sampai ada yang tertidur di tempat duduk nya (termasuk saya). karena minimal 2 jam sebelum keberangkatan, kami harus sudah antri di tempat check in tiket.
ketika check-in, kami harus menimbang luggage atau koper kami sebab berat koper yang diperbolehkan adalah 23 kg. jika melebihinya, kami harus menanggung charge cost masing-masing. sampai-sampai salah satu teman ada yang membawa koper extra big dan ketika ditimbang beratnya 26 kg jadi lah koper-koper nan ringan menjadi incaran untuk menitipkan barangnya yang kelebihan.
kalian tahu? Changi Airport sangat bersih, rapi dan mewah. kami tiba disana sekitar pukul 21.30, memang sangat sepi namun tidak bisa menutupi kemewahannya. dan setiba disana, kami langsung ke Lounge di dalam airport untuk melepas lelah, makan, dan mandi. kami dapat makan sepuasnya disini, karena kami diberi tiket oleh pihak sponsor untuk menikmati semua fasilitas di Lounge yang bernama RainForest ini. jangan ditanya bagaimana keadaan Lounge nya. wow. saya menyempatkan diri untuk mandi disini, even kamar mandi nya tidak dipisah antara cowo dan cewe (I mean, per ruangan untuk mandi/shower berjajar dan terserah kita mau pilih ruangan yang mana). saya hanya perlu meminta handuk bersih, dan sudah bisa mandi biarpun lewat tengah malam. tapi it's okey untuk persiapan penerbangan-penerbangan selanjutnya yang akan memakan waktu total 23 jam.

setelah itu saya menghampiri corner khusus buat makanan, ada banyak pilihan makanan dan minuman disini dan saya bisa menghabiskan semua jika saya mau (haha, bercanda). kami transit di Changi sekitar 6 jam setelah itu pagi hari nya pukul 04.30 kami harus sudah check in untuk penerbangan berikutnya, 6 jam perjalanan ke Narita Airport Japan. dan saya mendapat sedikit masalah ketika check-in, ketika itu petugas bandara yang memeriksa passport dan tiket saya menanyakan beberapa hal sederhana namun menggunakan bahasa Melayu yang aksennya sangat cepat. kontan saya gelagapan menjawabnya, dan dia sampai tanya : Can you speak english? dalam hati saya menjawab : ya Allah, kenapa nggak daritadi ngobrol-ngobrol nya pakai bahasa Inggris?? T.T
dan, sesampainya di Narita Airport, dimana kami hanya memiliki waktu sekitar 2 jam sebelum keberangkatan selanjutnya ke Seattle Airport USA. tapi, saya sempat memotret beberapa gambar disini dan tentunya, mengambil satu brosur sebagai kenang-kenangan. haha. tak kalah cantik nya dengan Changi, Narita pun elok rupawan namun sedikit di bawah Changi. ^^

perjalanan dari Narita menuju Seattle kami tempuh dengan menggunakan pesawat Delta dengan jam penerbangan 16.15 dari Jepang, dan 09.45 di Seattle di hari yang SAMA yaitu 14 Agustus 2012. yah! USA lebih lambat sekitar 13 jam dari Indonesia, dan 11 jam dari Jepang. sehingga saya semacam melewati lorong waktu (udah macam di film Startrek aja nih, hihi). saya membayangkan, melintasi dua tempat di satu waktu dimana sisi sebelumnya gelap gulita malam hari di atas awan sana, dan beberapa menit kemudian terang benderang menandakan hari masih sangat pagi di sisi lainnya. saya sampai bela-bela in tidak tidur hanya untuk menyaksikan moment ini. hehe, dan kalian tahu? pemandangan Samudera Pasifik di bawah sana sungguh mengagumkan, subhanallah! kuasa Allah semata, sampai seperti ini ciptaanNya. saya sampai berdecak kagum berkali-kali dari mulai awal perjalanan. 


setibanya di Seattle, kami punya sedikit waktu sekitar 3 jam untuk penerbangan berikutnya menuju Denver Airport Colorado. sehingga kami manfaatkan kesempatan ini sebaik-baik nya dengan... online! hehe, karena hanya di bandara ini kami bisa akses internet for free. sekaligus memberi kabar ke orang rumah bahwa kami sudah sampai di benua Amerika dengan selamat. perjalanan menuju Denver saya isi dengan hanya tidur di pesawat, karena badan saya ini bingung jam berapa harus tidur sehingga kapanpun merasa ngantuk yaa langsung tidur :D #dan saya melewatkan breakfast nya T.T
mungkin yang pernah berpergian menggunakan Delta Airlines, sudah tahu bagaimana makanan yang mereka sediakan di pesawat. semua nya porsi Bule. big. dan, aneh di lidah namun tetap aja dimakan karena mau makan apalagi selain ini? hehe
oke, dan akhirnya setelah perjalanan panjang nan melelahkan, kami ber-20 (para penerima beasiswa) sampai di Denver Colorado. disini, kami dijemput oleh pihak sponsor didampingi pengajar di Intensive English Program (IEP) Colorado State University. setelah mengambil masing-masing luggage kami, kami langsung menuju shuttle bus yang telah mereka sediakan. kami menempuh perjalanan darat sekitar 1 jam untuk kemudian sampai di Colorado State University, Fort Collins. kesan pertama mengenai kampus ini adalah, sangat luar biasa. luar biasa nyaman, rindang dan sejuk. seperti pedesaan, namun modern. dan kampus nya sangat sangat luas. every single of this campus was so special to take the photograph (ahaha, aslinya yaa narsis juga dikit mah :D).
oke, I'll be talk more later. it has been 11.49 PM here so I have to sleep ASAP. because tomorrow, another activity is waiting for me. can't wait to sharing more to you c:







7 komentar:

Wahyu Dani mengatakan...

wah Keren, saya paling jauh cuman nyampek Korea Selatan. Ijin baca blognya yaa? share pengalaman

Vita Fibriyani mengatakan...

semangat dek,,,,
saluut,,,kereen,
menjdi kebanggaan untuk Statistika Brawijaya,,
:)

Anonim mengatakan...

Wow, keliling kemana-mana dulu ya. Asyik banget tuh. Mantab... Denver itu agak timur US ya? Eh, kerasa jetlag gak? Kayak apa sih jetlag itu?

Btw, makanan bulenya itu halal nggak ya. :D

Sofyani Wulansari mengatakan...

mas wahyu dani : iya silahkan dibaca. for free. :D
mbak vita : alhamdulillah mbk,
kak Al : Denver itu agak barat US kak.. kalo jetlag beneran kerasa, pusing nih kepala. pengen merem tapi masih belum waktunya tidur. something like that, maybe. ehmmm, so far aku selalu tanya apakah makanan itu mengandung "pork" atau nggk. kalo nelusuri satu-satu halal pas pemotongan daging ayam atau sapi yaa bisa2 aku gk makan kak. bisa sih, pilih vegetarian sj tp aku gk cocok sama dedaunan itu T.T

Wahyu Dani mengatakan...

eh folback, blog saya dong, walaupun isinya gak sebagus tulisan-tuisan ini, keren2

Sofyani Wulansari mengatakan...

apa alamat blog nya mas wahyu dani??

ragil sahara mengatakan...

Hemmm bikin ngiler pingin ke denver hehe

Posting Komentar