Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Resep Baso Ikan


berawal dari sebuah kekaguman kepada ibu yang entah mengapa masakannya selalu "memukau" lidah saya (^^). bahkan, sampai merantau hampir tiga tahun pun saya belum menemukan tempat/warung makan yang setelah saya makan, menimbulkan rasa kangen untuk mencobanya lagi. dari sinilah, saya kemudian berfikir bahwa seorang wanita sejati itu harus bisa memasak. bayangkan kalau seorang ibu tidak bisa memasak sama sekali, memangnya mau beli makanan jadi terus? kan, kita tidak bisa jamin kehalalan dan kethoyyibannya (halah, apa aja ini).  ^^


nah, dari sekian resep yang pernah saya lihat pembuatannya (karena saya tipikal orang yang hanya bisa memasak sebuah resep setelah tahu/pernah melihat sendiri cara pembuatannya), kemarin saya coba praktekkan resep membuat baso. tapi bukan berbahan dasar daging, namun ikan. dan ikannya pun bukan ikan tengiri (yang rasa dan harganya terkenal mantap itu), melainkan ikan lele. walaupun, mitos orang Lamongan itu kalau makan ikan lele bisa gatal-gatal (saya termasuk yang tidak mempercayainya), saya yakin saja itu ikan bisa jadi baso yang rasanya enak dan amis ikannya tidak terasa. ide baso ikan lele ini berasal dari teman saya di fakultas perikanan, dan sebenarnya acara memasak baso ikan lele ini dikarenakan tuntutan pameran pendidikan di kabupaten Lamongan. jadi kami para penerima beasiswa dari bupati, diwajibkan mempresentasikan sebuah produk kreatif. alasan dipilihnya ikan lele sendiri, karena ikon kabupaten Lamongan adalah ikan bandeng dan ikan lele. kalau ikan bandeng, kita mungkin kesusahan di bagian memisahkan duri dari dagingnya. sebenarnya bisa menggunakan cara dipukul seluruh badan ikan sampai daging dan duri remuk kemudian baru dikeluarkan dan dipisah durinya satu per satu (susah bukan). sedangkan ikan lele tidak memiliki duri di dagingnya.

anyway, bagi yang ingin tahu resep baso ikan lele (jenis ikan bisa dirubah sesuai keinginan, namun yang berbeda nantinya adalah tekstur baso itu sendiri ex: agak kasar, licin, dsb sesuai tekstur daging ikan). langsung aja ke resepnya yah ^^. yuk dicatat!

Resep Baso Ikan Lele 

Bahan & Bumbu :
- 1 kg daging ikan lele (murni daging saja, tanpa duri). kemudian buang kulitnya jadi yang dipakai hanya benar-benar daging ikan lele.
- 1/4 kg tepung tapioka/tepung kanji. menurut ibu saya, jika ingin membuat baso yang enak maka perbandingan daging : tepung tapioka adalah 4 : 1.
- bawang merah+bawang putih goreng secukupnya. (ini menggunakan ilmu kira-kira, karena biasanya feeling itu lebih diperlukan dalam memasak ^^). jika tidak suka bawang putih goreng, bisa diganti dengan bawang putih yang tidak digoreng sebanyak 2 siung.
- merica bubuk secukupnya (lagi-lagi, ilmu kira-kira).
- 2 butir telur ayam.
- garam secukupnya.
- es batu sedikit (berguna untuk menjadikan adonan baso lebih kenyal/tidak lembek).
- air secukupnya.

Cara Membuat :
1. masukkan daging ikan lele beserta semua bahan dan bumbu ke dalam blender (saya sarankan untuk membagi adonan baso menjadi beberapa kali blender agar blender kesayangan anda tidak cepat rusak). tambahkan air sampai 3/4 dari tinggi adonan dalam blender. kemudian blender sampai halus. lakukan sampai semua adonan selesai diblender.
2. siapkan panci berisi air mendidih, bentuk bulatan adonan baso tersebut (bisa menggunakan dua sendok atau lebih naturalnya gunakan tangan ^^ tapi wajib cuci tangan sampai bersih dulu yaa). masukkan bulatan baso ke dalam air yang mendidih tersebut (setelah air mendidih, kecilkan api karena api yang besar akan membuat baso cepat naik ke permukaan padahal dalamnya masih mentah). lakukan sampai adonan baso habis.
3. apabila baso sudah naik ke permukaan air, tandanya baso sudah matang. angkat, tiriskan.

PS : adonan dengan resep diatas untuk 100 baso kecil.

Baso Ikan Lele

~ Selamat Mencoba ~


4 komentar:

rinai mengatakan...

waaa,,aku maauu, sofy,, bikin lapar:D

Sofyani Wulansari mengatakan...

boleh deh, kapan2 qt maal praktek :D

Zhang Mobile Shop mengatakan...

terima kasih mbak, penjelasannya paling jelas di blog ini :)

silvi landa mengatakan...

988Bet | Agen Sbobet | Agen Judi | Agen Bola
Agen Sbobet
Agen Bola
Agen Judi
Bandar Judi
Bandar Bola Bonus
Bandar Asia77
Agen Poker
Agen Asia8
Agen 1sCasino
Agen Casino
Agen Bola IBCBET
Agen Bola Sbobet
Prediksi Bola

Posting Komentar