Pages

Rabu, 11 April 2012

Lebih Jauh Tentang Dunia Anak


"...jika ingin belajar memaknai kejujuran, lihatlah ke dalam mata mereka... mata anak-anak..."

bermacam tipe anak yang bisa dijumpai, mulai dari tipe pendiam, cerewet, bandel, hiperaktif, cengeng, periang, smart, dan sebagainya. yang perlu diingat adalah, anak-anak susah didekati. meskipun ada juga yang bersikap open-minded jadi ketika ketemu siapa aja si anak akan langsung "cair". tapi jarang yang seperti itu, kebanyakan anak-anak itu langsung memasang semacam "protektor" bagi dirinya ketika ada orang asing yang mencoba mendekatinya. 

coba saja, ketika bertemu dengan anak-anak, ajak bicara dan lihat bagaimana reaksinya. biasanya, mereka memasang wajah polosnya dengan tatapan agak curiga. jangan salah. anak-anak jauh lebih peka terhadap sekitar. mereka terkadang tahu, mana yang memiliki niat tulus mendekatinya dan mana yang sekedar hanya mencari muka. jika tujuan kita mendekati dan mengajaknya berbicara hanya untuk cari muka, maka sampai berbusa-busa pun si anak ini tidak akan bisa "cair". 
inilah sisi unik dari anak-anak. dan satu lagi, anak-anak itu tidak bisa berbohong (kecuali dia sudah dilatih untuk berbohong sejak dini). sifat alami anak-anak adalah : apa adanya. mereka kekeuh memegang apa yang benar walaupun ada iming-iming hadiah. mereka juga suka berbicara jujur terhadap peristiwa yang baru dilihatnya.

sungguh kontras dengan orang dewasa, tidak bisa dibedakan lagi mana yang berwajah jujur dan mana yang tidak.

0 komentar:

Posting Komentar